“Sebelumnya digunakan oleh Ketua RW, sekarang sudah bisa digunakan oleh masyarakat secara luas. Saat ini, Sapawarga Jabar Super Apps telah bekerja sama dengan berbagai Perangkat Daerah dalam menghadirkan berbagai fitur guna memudahkan kebutuhan masyarakat seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor, layanan PPDB, informasi vaksin, dan aduan publik,” ujar Ika.
Optimalisasi pengembangan dan implementasi fitur kegiatan RW pada aplikasi Sapawarga sebagai Pusat Kanal Informasi dan Transaksional Layanan Publik Jawa Barat diperlukan koordinasi dan kolaborasi yang sinergi antara UPTD dan kelurahan serta ketua RW.
Diseminasi dilakukan dengan metode pemaparan dari Tim Sapawarga kepada ketua RW. Dilanjutkan dengan Sesi FGD (Focus Group Discussion) guna menggali dan mengeksplorasi kebutuhan Ketua RW di Jawa Barat
Mengeksplorasi kebutuhan ketua RW di Jawa Barat dalam optimalisasi pengembangan dan implementasi aplikasi Sapawarga khususnya fitur Kegiatan RW.
Merasakan Manfaat
Salah satu peserta, Dodi Cahyadi Ketua RW 7, Kelurahan Sukaluyu, Kota Bandung merasakan banyak informasi yang didapat melalui Sapawarga.
Di sisi lain komunikasi dua arah dirinya dengan admin Sapawarga berjalan efektif terutama untuk mengakomodasi keluhan warganya.
Hal senada disampaikan Hamdan, Ketua RW 6 Babakan Ciparay. Dalam FGD ia dan perwakilan RW Kota Bandung dapat bertukar pikiran dan memberikan masukan untuk pengembangan Sapawarga yang lebih baik.
“Harus semakin mudah diakses dan semakin banyak layanan yang memudahkan masyarakat, ” kata Hamdan.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini