bukamata.id – Mengapa kepemimpinan memiliki peran penting dalam manajemen karena kepemimpinan (leadership) dapat dikatakan sebagai sesuatu yang penting dari manajemen karena kepemimpinanlah yang dapat menentukan arah dan tujuan sebuah organisasi dengan memberikan arahan dalam menciptakan iklim kerja yang mendukung bagi pelaksanaan proses manajemen secara keseluruhan Lalu bagaimana hubunganya dengan peningkatan mutu sebuah pendidikan hal ini pun menjadi permasalahan yang sangat penting, karena keberhasilan pendidikan diantaranya sangat ditentukan oleh pengelola manajemen yang baik. Tanpa adanya manajemen yang baik, pendidikan tidak akan tercapai dengan baik dan maksimal. kepemimpinan dalam pendidikan memiliki kriteria-kriteria yang harus dimiliki.
Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi individu atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Dalam sebuah kepemimpinan pendidikan diperlukan pemimpin yang efektif. Kepemimpinan pendidikan yang efektif adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam mencapai tujuan pendidikan. Hal ini melibatkan kemampuan untuk memotivasi, mengarahkan, dan memberdayakan seluruh stakeholer lembaga pendidikan. Karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang leader pemimpin yaitu memiliki integritas, keberanian, rasa hormat, kesadaran diri, empati, dan rasa syukur. Mereka juga harus memiliki kecekatan dalam mengambil keputusan dan mengetahui bagaimana mendelegasikan dan berkomunikasi secara efektif.
Selain daripada itu, peran kepemimpinan begitu penting dalam upaya mengatasi perubahan serta mempertahankan dan mengembangkan eksistensi organisasi atau Lembaga karena Kepemimpinan dipercaya sebagai satu kekuatan kunci penggerak organisasi yang mampu membangun suatu budaya baru yang sesuai dengan perubahan. Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu membuat masalah sulit menjadi mudah, mengubah waktu yang lama menjadi sebentar, menjadikan sesuatu yang kompleks menjadi lebih sederhana. Kesederhanaan memudahkan kita dalam mengambil keputusan, menghemat energi, dan meningkatkan daya fokus. Dalam hal ini peran pemimpin yaitu seberapa baik menerapkan pola dan sistem kerja yang ringkas, praktis, mudah, dinikmati dan berdampak pada hasil secara signifikan ada dua aspek penting yang esensial dalam konsep kepemimpinan yaitu pengaruh dan hubungan interpersonal. Kemampuan mempengaruhi dan menjalin hubungan interpersonal dengan kelompok atau tim yang dipimpinnya sangat menentukan kesuksesan pemimpin.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini