“Kita coba bersama sama mencari terobosan baru agar dialogistik yang pilihan darat ini bisa alihkan ke laut dan bisa turunkan biaya logistik scara keseluruhan. Termasuk hidupkan Patimban agar sektor pelabuhan di laut jadi pilihan untuk nantinya transportasi darat bisa beralih,” terangnya.
Fary menyebut, pengiriman barang masih tergantung pada kapal-kapal kontainer. Padahal, kapal roll-on, roll-off atau roro bisa dimanfaatkan untuk mengirim barang dengan investasi yang lebih murah dan efektif.
“Pilih darat karena darat sistem transportasi lebih baik tol itu. Maka kepastiannya jadi pilihan kalau laut masih beberapa hal perlu kembangkan. Salah satunya kemarin diskusi coba kembangkan transportasi laut sift kontainer ditambah roro utama pelayanan lebih dua hari,” tuturnya.
Fary menilai, persoalan logistik nasional disadari sebagai masalah mendesak yang harus mengalami perbaikan berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih optimis.
“Memeberikan kepastian pemerataan pembangunan serta memastikan keterlibatan kita lebih maksimal dalam internasional suplay chain,” ucapnya.
Ketua Komisi V DPR 2014-2019 ini juga mengajak ITB untuk menemukan upaya-upaya yang bisa menjadi loncatan bagi penurunan biaya logistik, pada saat yang sama menjamin pemerataan pembangun dan menekan waktu tunggu.
“Indonesia dapat belajar dari Jepang, Uni Eropa, atau bahkan Filipina yg memiliki karakteristik gegrafis yang sama yakni arcipilego dengan waktu tempuh pelayaran yang rata-rata dibawah 2 hari. Ini sangat efektif dan efisien jika memaksimal roro dan ropax,” katanya.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini