bukamata.id – Pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko menilai, pelaksanaan debat ketiga bisa mempengaruhi swing voters dan undecided voters.
Seperti diketahui, debat ketiga dengan format capres akan digelar pada 7 Januari 2024 mendatang.
Sementara dalam pelaksanaan debat ketiga akan mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.
“Jadi masih memungkinkan untuk menjadi peluang atau menjadi potensi untuk mempengaruhi swing voters dan undecided voters,” kata Anang, dikutip dari Antara, Rabu (3/1/2024).
Menurutnya, para swing voters dan undecided voters merupakan generasi z yang pasti aktif di media sosial TikTok, Instagram, dan X.
“Para swing voters atau undecided voters yang kebanyakan merupakan generasi Z, serta milenial tersebut, saat ini cenderung menyukai media sosial seperti TikTok, Instagram dan X yang menampilkan potongan atau cuplikan perdebatan,” bebernya.
Menurutnya, cuplikan perdebatan yang diunggah di media sosial tersebut, bisa menjadi senjata untuk menggaet atau menarik minat para swing voters dan undecided voters.
“Konten dari perdebatan itu yang nanti akan menjadi senjata bagi tim sukses masing-masing, loyalis, atau pendukung masing-masing capres, untuk bisa menggaet swing voters,” tandasnya.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini