bukamata.id – Pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Malang Anang Sujoko menilai debat keempat besok bisa mempengaruhi swing voters.
Anang mengatakan meski debat tidak terlalu berpengaruh, namun setiap tayangan debat bisa menjadi modal dalam penekanan pada tema debat.
Menurutnya, lewat tangan netizen tayangan atau video saat debat yang ditampilkan kembali di media sosial akab mempengaruhi para swing voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan.
“Jangka panjang bukan saat debat, tapi, dengan kepandaian netizen, akan menggunakan rekaman atau video tersebut untuk memberikan penekanan pada sisi tertentu. Dari sini, akan munculkan diskusi panjang, yang pada akhirnya akan mempengaruhi netizen, terutama swing voters atau belum memiliki pilihan kuat,” beber Anang, dikutip dari Antara, Sabtu (20/1/2024).
Selain itu, Anang mengatakan pada debat keempat tersebut akan menjadi ajang para cawapres untuk menunjukan keahliannya.
“Dengan tema yang ada, mereka pasti akan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan kelebihan masing-masing cawapres, termasuk visi misi,” ujarnya.
Seperti diketahui, debat keempat akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024 di JCC Senayan, Jakarta.
Adapun tema yang diangkat mengenai Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini