bukamata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat (KBB) bergerak cepat untuk memaksimalkan potensi pariwisata di wilayahnya. Langkah konkret yang diambil adalah dengan menggelar promosi besar-besaran berbagai kawasan wisata yang ada.
Bupati Bandung Barat, Jeje Ritchie Ismail, terjun langsung untuk meninjau sejumlah destinasi wisata unggulan. Pada Rabu (7/5/2025), beliau memulai rangkaian kunjungannya untuk melihat dari dekat fasilitas yang tersedia sekaligus mendengarkan aspirasi dari para pengusaha pariwisata setempat.
“Hari ini saya memang direncanakan berkeliling ke tempat-tempat wisata yang ada di Bandung Barat,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Bupati Jeje menyampaikan bahwa promosi kawasan wisata KBB rencananya akan digencarkan setiap akhir pekan. Strategi ini diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.
Menurutnya, sektor pariwisata memiliki kontribusi signifikan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bandung Barat. Ia pun menegaskan bahwa KBB adalah destinasi yang sangat layak dikunjungi bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur.
“Saya mengajak semua warga supaya bisa liburan di Bandung Barat karena semua bagus-bagus,” ajaknya antusias.
“Fasilitas memadai, buat nginep baik, untuk keluarga juga enak. Saya rencana bersama keluarga juga mau liburan di Bandung Barat,” tandasnya.
Gayung bersambut, langkah Pemkab ini mendapatkan respon positif dari pelaku industri pariwisata. Finance & Accounting Manager Dusun Bambu, Stefanus Sunarjo, menyambut baik inisiatif promosi yang digagas oleh Bupati Jeje Ritchie Ismail.
“Kedatangan Bupati dalam rangka support mempromosikan dan menampung aspirasi dari kita sebagai pengelola wisata. Kita bisa berkomunikasi langsung dengan Bapak Bupati jadi bisa menyampaikan aspirasi langsung,” ujarnya.
Stefanus meyakini bahwa dukungan promosi dari pemerintah akan memberikan dampak positif yang besar bagi perkembangan pariwisata di Kabupaten Bandung Barat.
“Dengan didukung pemerintah. Latar belakang pak Bupati juga selebriti juga eksposurnya akan lebih besar. Kita bersyukur,” pungkasnya.
Dengan langkah promosi yang masif ini, Bandung Barat optimis dapat menjadi destinasi liburan favorit, tidak hanya bagi wisatawan dari luar daerah, tetapi juga bagi warganya sendiri.