bukamata.id – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4, Dedi Mulyadi memiliki cara khusus untuk mendorong industri wisata di Jabar.
Ada empat cara yang akan Dedi lakukan untuk mendorong industri wisata hingga tak hanya dilihat sebagai icon oleh-oleh saja.
Hal itu Dedi sampaikan saat debat publik kedua Pilgub Jabar pada Sabtu (16/11/2024).
“Pertama memetakan kualitas makanan itu, yang kedua harus ada konsultan pendamping yang dia menguasai brand untuk memajukan kuliner tradisional,” jelasnya.
Setelah itu, kata Dedi, cara yang ketiga adalah membuat festival-festival baik tingkat daerah tingkat nasional dan internasional.
“Keempat adalah pemerintahnya tidak ragu untuk membawa makanan itu di manapun dan di forum apapun bahkan sampai forum dunia,” ungkapnya.
Empat cara tersebut, kata Dedi, yang pada akhirnya akan membuat branding untuk industri wisata tersebut.
“Kalau sudah ngebrand maka itu akan masuk dalam alam bawah sadar manusia. Ketika masuk dalam fabel sadar manusia ketika outlet-outlet dibuka di berbagai tempat maka orang akan mencari makanan itu,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut, Dedi juga membahas soal pengalamannya memperkenalkan sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta.
Sate maranggi menjadi salah satu kuliner Purwakarta yang terkenal hingga ke manca negara, bahkan sempat dibuka outlet sate maranggi di Amerika Serikat.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini