bukamata.id – Kota Bandung tak henti-hentinya mencetak produk yang mendunia. Terbaru ada produk Kota Bandung yang akan merambah pasar korea Selatan.
Hal itu bisa dilakukan kala Dekranasda Kota Bandung bakal menjalin kerja sama internasional dengan Korea Selatan. Produk terpilih nantinya akan ditempatkan di sejumlah museum Korsel.
“Begitu banyak paparan dan capaian yang luar biasa sudah diraih Dekranasda Kota Bandung. Kota Bandung memiliki daya tarik bagi orang yang berkunjung ke sini. Bahkan, mendapatkan julukan Paris van Java,” ungkap Pj Ketua Dekranasda Kota Bandung, Linda Bambang Tirtoyuliono usai serah terima jabatan di Galeri Patrakomala, Jumat (29/9/2023).
Menurut Linda, Kota Bandung harus fokus dengan keunggulan komparatif supaya bisa unggul di pasar internasional. Salah satunya dengan menganalisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat).
“Setelah mengetahui analisis SWOT, kita juga perlu mengetahui keunggulan produk lain. Sehingga kita bisa bersaing dengan mereka,” ujar Linda.
Linda menambahkan, para pelaku UMKM dan Dekranasda Kota Bandung dapat mengambil celah impor dalam agenda virtual business matching dengan Korea Selatan. Bila produk Kota Bandung mampu memenuhi kebutuhan Korsel, maka Kota Bandung bisa menjadi eksportir yang berkelanjutan.
“Di Korea itu punya empat musim. Usahakan di setiap musimnya itu ada produk kita, sehingga mereka terus membutuhkan produk-produk dari Kota Bandung. Dengan begitu kita bisa menjadi eksportir yang berkelanjutan,” ucap Linda.
Dikatakan dia, kesempatan ini harus dikejar untuk semakin menggeliatkan perekonomian Kota Bandung. Terlebih saat pandemi Covid-19 melanda, tak satu pun kegiatan perekonomian yang bisa bertahan. Pandemi menyerang semua sendi-sendi kehidupan.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini