“Tahun lalu ada 108 orang yang ikut program ini. Sekarang minatnya semakin banyak. Dari sekian ribu pendaftar, kita luluskan 855 orang,” ungkap Kang Emil.
“Tugasnya jalan-jalan, berkoordinasi, membuat konten, posting di Instagram, TikTok, Youtube, atau dimana saja sehingga potensi Jawa Barat yang sangat banyak ini bisa dikembangkan oleh para SWJ ambassador,” tambahnya.
Sebelum menjalani tugasnya, para peserta telah dibekali materi fotografi, videografi, serta pengetahuan desa wisata dari para praktisi ahli.
Pembekalan materi tersebut dilaksanakan pada Mei-Juni 2023 di lima lokasi berbeda yaitu Teater Tertutup Dago Tea House Bandung, Gedung Creative Center Bogor, Gedung Creative Center Purwakarta, Gedung Creative Center Tasikmalaya, dan Gedung Creative Center Cirebon.
Mereka juga didampingi alumni SWJ Ambassador 2022 untuk memproduksi konten di beberapa destinasi wisata. Dengan pembekalan tersebut, diharapkan para peserta SWJ Ambassador 2023 dapat menghasilkan karya terbaik dalam mempromosikan desa wisata di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.
Dengan karya-karya yang dihasilkan pula, program ini sekaligus sebagai langkah menghidupkan ekonomi kreatif sub sektor film dan fotografi khususnya konten kreatif, serta penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Barat.
Dalam kesempatan ini pula, Ridwan Kamil dideklarasikan sebagai Pembina SWJ Ambassador. Deklarasi pengangkatan tersebut dilakukan oleh perwakilan peserta yang menyampaikan rasa bangga karena memiliki sosok pemimpin yang sangat peduli terhadap sektor pariwisata.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini