bukamata.id – Platform media sosial (medsos) TikTok ternyata dipakai untuk mencari informasi online oleh remaja generasi saat ini atau Gen Z.
Di mana, fungsi Google tersaingi oleh TikTok sebagai mesin pencari informasi. Hal itu menurut riset yang dilakukan Bernstein Research.
“Mereka (Gen Z) semakin sering membuka media sosial seperti TikTok untuk rekomendasi restoran, langsung ke agregator berskala seperti Amazon untuk ritel, dan pencarian AI Generatif seperti ChatGPT untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka,” kata analis Bernstein Mark Shmulik dan rekan-rekannya, dilansir dari Fortune.
Riset tersebut dilakukan Bernstein dengan menggunakan survei yang dilakukan pada April 2024 oleh Forbes Advisor dan Talker Research terhadap 2.000 warga Amerika.
Hasilnya, sebanyak 45 persen Gen Z lebih cenderung menggunakan pencarian sosial di situs-situs seperti TikTok dan Instagram daripada Google.
Bagi generasi muda, platform media sosial telah menjadi cara untuk mencari tahu apa yang akan dibeli, di mana akan makan, dan bagaimana menghabiskan waktu mereka.
Sekitar 40 persen Gen Z mengatakan, mereka menggunakan media sosial sebagai mesin pencari utama untuk merek, produk, dan layanan pada 2016, dan hampir 52 persen mengatakan hal yang sama pada 2023, menurut data dari GWI Core.
Dapatkan berita menarik lainnya dari Bukamata.id di Google News, Klik di Sini